Analisa Laba Depot Air Minum Isi Ulang

analisa-laba-depot -air -minum

Setelah membaca Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang, pembaca pasti penasaran berapa profit/laba Usaha Depot Air Minum Isi Ulang. Analisa keuntungan yang kami jabarkan berdasarkan pengalaman mitra-mitra yang membeli produk kami. Berikut analisanya:

Modal Awal

Terdapat modal awal yang harus dipersiapkan dan dipergunakan untuk kebutuhan sebagai berikut:

  1. Peralatan Depot Air Minum Isi Ulang,
  2. Kebututuhan penunjang produksi,
  3. Keperluan administrasi atau inventaris,
  4. Biaya operasional per bulan,
  5. Keperluan lainnya.

Penjabaran detail modal awal seperti ini:

Modal AwalHarga
Depot Air Minum Isi Ulang Paket Hitz 1 Tandon 5300LRp 16,500,000
Spanduk, Uji Lab, Tutup Galon(1500 buah), Tissue Galon (1500 buah)Rp 0
(Include di Paket Hitz)
Galon Air 50 BuahRp 1,500,000
Air 4 TangkiRp 1,000,000
Nota dan alat tulisRp 50,000
Sewa Kios Mini @ per bulanRp 600,000
TotalRp 19,650,000

Gross Profit Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Menurut data dari Asosiasi Penyedia Air Minum Isi Ulang, data penjualan rata-rata depot air minum isi ulang sejumlah 50 galon per hari. Apabila cuaca sedang mendukung produksi mencapai 200 galon per harinya, sedangkan saat penghujan berada di kisaran 40 galon/hari.

Dari data tersebut kita hitung pendapatannya dengan asumsi harga per galon Rp 5000. Rincian pendapatan sebagai berikut:

PenjualanPendapatan
50 galon x 5000 x 30 hariRp 7,500,000

Analisa Fixed Cost Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Pengeluaran tetap (fixed cost) pastinya selalu ada, seperti biaya maintenance, gaji karyawan apabila memperkerjakan karyawan, stok tissue dan tutup galon, dll. Rincian fixed cost dalam satu bulan untuk usaha ini sebagai berikut:

PengeluaranBiaya per Unit/PaketJumlahBiaya
Air Bahan BakuRp 250,000/tangki4 TangkiRp 1,000,000
Tissue antisepticRp 165,000/1500 buah1500 buahRp 165,000
Tutup galon Rp 97,500/1500 buah1500 buahRp 97,500
Listrik Rp 150,000/bulanRp 150,000
Sewa KiosRp 600,000/bulanRp 600,000
Bensin dll.Rp 1,000,000Rp 1,000,000
TotalRp 3,012,500

Analisa Laba Bersih Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Jika menghitung laba bersihnya maka akan menghasilkan perhitungan seperti ini:

Gross Profit – Fixed Cost = Laba Bersih

Rp 7,500,000 – Rp 3,012,500 = 4,487,500

Setelah melihat perhitungan tersebut, pastinya semakin tergugah untuk membuka usaha Depot Air Minum Isi Ulang bukan? Bayangkan, seandainya dalam sehari produksi air minum mencapai 250 galon. Gross profit (keuntungan kotor) bisa ke angka 37 jutaan. Sangat menjanjikan bukan?

Apalagi, keawetan peralatan dalam usaha ini relatif tinggi. Usia depot air minum sendiri bisa mencapai belasan tahun. Sedangka usia sarana penunjang seperti galon, dapat mencapai 6 tahun. Usaha Depot Air Minum Isi Ulang sendiri memang pantas mendapatkan predikat “Modal Sekali Untung Berkali Kali”. Bagaimana tidak, dengan investasi 20 jutaan, anda bisa balik modal dalam waktu beberapa bulan saja, bahkan ketika kondisi sangat mendukung dan ramai, dalam satu bulan saja sudah langsung balik modal.

Analisa Kerugian Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Dalam dunia usaha pastinya tidak akan asing dengan yang namanya rugi. Ibarat kata, rugi adalah keniscayaan apabila market/pasar tidak lagi melirik ke usaha anda. Namun apa saja faktor-faktor yang menyebabkan usaha ini menjadi gagal.

Tidak Turun Gunung

Maksudnya ialah, sebagai produsen air siap minum, sebisa mungkin tidak mengandalkan konsumen untuk datang ke depot. Cobalah mulai dengan mempromosikan usaha depot air minum isi ulang lewat sosial media sebagai media promosi. Atau memberikan voucher/kupon untuk setiap transaksi isi ulang, terkadang terdapat pemilik depot yang memberikan bingkisan di setiap event tertentu (lebaran atau natal) kepada pelanggan yang loyal.

Sepinya Konsumen

Sangat jelas, ketika konsumen rendah maka depot juga tidak mendapatkan pemasukan. Namun apabila memang telah melakukan berbagai usaha, tidak perlu cemas. Rata-rata usaha depot akan naik penjualannya di bulan ke 3 – 6. Tetap istiqomah dan melakukan berbagai upaya “turun gunung” pastinya akan membuat depot anda selalu jadi pilihan warga/masyarakat sekitar.

Kualitas Air

Usaha ini memiliki kerentanana yang cukup besar apabila pemilik usaha tidak menjaga kualitas air secara berkala. Output kualitas air selain bergantung pada sumber mata air saja, tapi tergantung pula terhadap peralatan yang dipakai. Sehingga, pemilik usaha sebisa mungkin melakukan pengecekan atau maintenance peralatan air minum isi ulang secara berkala demi menjaga kualitas air minum.

Miskalkulasi Modal

Terkadang banyak pengusaha yang mengucurkan dana modal terlalu besar sehingga pendapatan tidak dapat menutupi modal, apabila berhasil menutup modal harus menunggu waktu yang cukup lama. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari kegagalan membaca pangsa konsumen, gagap dalam menilai produk dari suatu vendor, dll., usaha depot air minum isi ulang sebenarnya tidak memerlukan hingga ratusan juga, hanya dengan modal 15-20an juta sudah dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dikarenakan produksi maksimal dari depot air minum isi ulang berkisar di angka 300-400 galon. Jika lebih dari itu, pemilik malah kewalahan sendiri, sebab produksi mesin air minum isi ualng sendiri tergolong terbatas.

Tips Menghindari Kerugian

Menjaga Kualitas Depot

Selain mempertahankan kualitas air baku untuk produksi. Kebersihan depot dan peralatan penunjang jelas akan menjadi salah satu faktor kepuasan konsumen. Konsumen akan selali jeli dalam melihat penurunan kualitas dari depot. Terlebih menyangkut dengan kebersihan, sangat tidak lucu apabila konsumen komplain bahkan meninggalkan kita karena proses pencucian galon tidak maksimal. Sehingga menjaga kualitas semua faktor dalam usaha depot wajib dilakukan agar konsumen merasa puas, ingat kata pepatah, “Pelanggan adalah Raja”.

Mempertahankan dan Menambah Pelanggan/Konsumen

Dalam menggaet pelanggan sebisa mungkin jangan mengandalkan karyawan atau menunggu pelanggan. Teruslah untuk menjemput bola atau turun gunung ke pelanggan untuk promosi, meskipun kualitas depot di atas rata-rata namun upaya promosi tidak ada dapat menyebabkan pelanggan lari ke kompetitor yang lebih intens melakukan promosi usahanya. Jadi jangan mengandalkan satu cara saja.

Penutup

Jelas perhitungan tersebut masih berdasarkan asumsi dan tentunya kebutuhan dari depot memiliki perbedaan variasi. Namun dengan penjabaran tersebut membuat pemilik/calon pengusaha mendapatkan gambaran pendapatan serta analisa kerugiannya. Kemudian, bagi yang ingin memesan depot air minum isi ulang untuk usahanya, dapat menghubungi kami melalui tombol yang telah di sediakan.

Nirvana Filter Abadi Solusi yang sangat tepat untuk pemasangan DAMIU mineral dan RO. Terutama kualitas dan harga yang sangat terjangkau membuat banyak konsumen lebih memilih pembelian di Nirvana Filter Abadi. Tentunya, pelayanan yang kami lakukan adalah yang terbaik dan merupakan perusahaan yang sangat berbeda, Nirvana Filter Abadi melayani pembayaran setelah alat terpasang dan terbukti memiliki kualitas terbaik.

Tertarik dan ingin melihat produk kami? Silakan menekan tombol di bawah ini.


Nirvana Filter Abadi

Pusat Distributor Alat dan Depot Air Minum Isi Ulang

  • Filter Air Sumur > Untuk Air Bermasalah Seperti Bau, Berwarna Kuning, Berkapur dan lain sebagainya.
  • Sparepart Filter > Cartridge filter, CTO, GAC, dinamo RO, Membran RO, Lampu UV dan lainnya.
  • Menyediakan > Tutup Galon, Tisue Galon dan Galon.

Nirvana Filter Abadi sangat berbeda dengan distributor-distributor lainnya serta keuntungan yang akan anda dapatkan sebagai mitra dalam jasa pemasangan produk-produk kami, antara lain:

  • Menjamin mitra akan mendapatkan pelayanan yang maksimal dan spesial
  • Mitra dapat membayar jasa setelah selesai pemasangan
  • Harga terjangkau, terdapat paket-paket tertentu
  • Kualitas pemasangan dan produk yang terbaik
  • Berpengalaman dalam pemasangan di pulau Jawa maupun luar pulau Jawa.